Tidak Banyak Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Buah Pepaya Bagi Tubuh

Pepaya adalah buah yang hidup di daerah tropis. Buah ini jika sudah matang memiliki rasa manis, warnanya beragam ada yang merah dan orange. Ketika dimakan, buah ini terasa segar. Papaya mudah dijumpai di beberapa wilayah di Indonesia. Ketika belum matang, buah ini biasanya dijadikan sayur.

Pepaya banyak disukai oleh orang-orang, selain memiliki rasa yang manis, buah pepaya juga dapat memberikan manfaat dalam tubuh terutama pencernaan, sehingga banyak di cari di daerah perkotaan yang jarang ditemui pohon dan buah ini. Pepaya dapat dijadikan bebbagai olahan, bukan hanya dikonsumsi secara langsung ketika matang, seperti campuran olahan dalam sup buah, salad buah, dan rujak buah.

Ada banyak sekali manfaat dari buah pepaya ini, diantaranya adalah

  1. Memiliki banyak nutrisi

Dalam pepaya ada sebuah enzim yang bernama papain, fungsi dari enzim ini adalah untuk mencegah rantai protein keras yang terdapat pada otot daging. Dalam buah pepaya terdapat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain kalori, karbohodrat, protein, serat, Vitamin A dan C, folat, kalium, kalsium, magnesium dan Vitamin B1, B3, B5, E dan K.

  1. Memiliki Antioksidan

Karotenoid adalah anti oksidan yang ada di dalam pepaya, jenisnya adalah likopen. Tubuh menyerapnya lebih dari pada sayuran dan buah yang lain. Tubuh menyerap antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Dan lipoten dapat mengurasi kanker dan mungkin memperlambat kanker dalam tubuh. Anti Oksidan juga dapat meningkatkan kesehatan jantung karena mengandung likopen dan buah yang mengandung Vit amin C.

  1. Mencegah Peradangan

Pepaya memiliki kandungan karetonoid yang tinggi yang dapat membantu mengurangi peradangan.

  1. Meningkatkan Kesehatan pencernaan

Pepaya memiliki enzim papain yang dapat membuah protein lebih mudah dicerna oleh tubuh. Biasanya orang yang sembelit kemudian mengkonsumsi pepaya, maka ia akan tidak merasakan sembelit lagi. Juga digunakan sebagai obat untuk gejala lain, seperti irritable syndrome (IBS).

Selain buahnya yang memeiliki banyak manfaat, biji, daun, akar dan pohonya juga bisa mengobati bisul. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa mengkonsumsi pepaya dalam waktu 40 hari dapat mengurangi sembelit dan kembung.

  1. Dapat Melindungi Kulit Dari Kerusakan.

Selain memiliki manfaat bagi tubuh, ternyata pepaya juga bisa membuat kulit menjadi lebih kencang. Karena adanya vitamin C dan lipoten di dalamnya, sehingga dapat membantu merawat kulit dan mengurani penuaan diri. Banyak produk kecantikan yang bahannya berasal dari pepaya.

Itulah tadi beberapa manfaat dari pepaya yang harus kamu tahu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *