Stevia, Pemanis Alami Rendah Kalori

Stevia merupakan pemanis alami pengganti gula nol kalori yang memiliki tingkat kemanisan antara 50-300 kali dibanding gula biasa. Stevia di extract dari daun Stevia Rebaudiana dengan kandungan zat aktif yang menimbulkan rasa manis bernama steviol glycosides. Karena stevia tidak dicerna oleh tubuh, maka zat ini akan dikeluarkan kembali bersama urine setelah melalui penyaringan di hati.

Menurut penelitian penggunaaan stevia aman dan tidak menimbulkan efek samping kepada tubuh, sehingga stevia direkomendasikan untuk dikonsumsi orang-orang yang menderita diabetes sebagai pengganti gula. Namun meskipun tidak menimbulkan efek samping, penggunaan stevia sebaiknya dibatasi hingga 4mg/kg berat badan per harinya. Pengguna stevia terbesar adalah negara jepang, yaitu 40% dari pemanis yang digunakan di jepang adalah stevia. Melihat data tersebut, tak heran jika kita melihat penduduk jepang tidak banyak yang mengalami obesitas.

Di indonesia sendiri telah dipasarkan stevia sebagai pemanis buatan rendah kalori dengan berbagai merk. Penggunaan stevia tampaknya mulai populer, namun karena efek pahit yang ditinggalkannya, tidak semua orang suka menggunakannya. Jika Anda tertarik untuk mencobanya silahkan buka link ini, anda bisa menemukan beragam produk pemanis berbasis stevia di inkuiri.com. Temukan juga berbagai produk lain untuk menunjang diet dan gaya hidup yang lebih sehat di inkuiri.com.

Link untuk pembahasan lebih lengkap : https://en.wikipedia.org/wiki/Stevia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *