Segudang Peran Sangat Penting Dalam Aki untuk Kendaraan

Aki yang memiliki nama lain akumulator merupakan sebuah alat yang dapat menyimpan sejumlah energi. Aki biasanya digunakan pada kendaraan seperti motor maupun mobil, yang membutuhkan arus listrik dalam kinerjanya. Memiliki sejumlah energi listrik dalam bentuk kimia, membuatnya sangat praktis dalam memberikan energi yang cukup dalam kendaraan. Dengan adanya aki, kita dipermudah dalam menggunakan kendaraan salah satunya menghidupkan kendaraan tersebut.

Aki berisikan cairan kimia yang menyimpan sejumlah energi, yang berarti energi dalam aki bisa saja habis. Tetapi tenang saja, aki dirancang untuk dapat diisi ulang kembali, sehingga kita tidak perlu mengganti aki kita saat kehabisan energi dalamnya. Aki memiliki 2 jenis tipe, yang semua jenis tersebut dapat digunakan oleh setiap kendaraan. Hanya saja semua jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita dapat memilihnya sesuai selera kita dan sesuai kecocokan kendaraan kita. Tidak perlu khawatir bila secara tiba-tiba aki kendaraan anda habis, hal tersebut tidak menimbulkan masalah yang berarti pada mesin maupun komponen yang lainya bila aki secara mendadak habis. Hanya saja kita sedikit direpotkan dalam penggunaan kendaraan kita, dengan segera mengisi ulang daya aki, kita dapat kembali menikmati manfaat aki dalam kendaraan kita.

[toggle title=”Apa perbedaan aki dengan baterai ?” state=”open”]

Aki dengan baterai memiliki beberapa perbedaan, yaitu :

– Aki merupakan elemen sekunder, baterai merupakan elemen primer

– Aki dapat diisi ulang, sedangkan baterai rata-rata tidak

– Aki terbuat dari timbal dioksida dan timbal, baterai terbuat dari batang karbon dan seng

– Larutan dalam aki berupa elektrolit asam sulfat, sedangkan baterai adalah pasta elektrolit ammonium klorida. [/toggle]

[toggle title=”Apa saja jenis aki yang dapat digunakan untuk kendaraan motor ?” state=”open”]

Banyak jenis dari aki yang dapat digunakan, berikut ini merupakan beberapa contoh dari aki yang sering digunakan pada kendaraan bermotor :

– Aki basah : paling umum digunakan karena paling mudah didapat, menggunakan cairan asam sulfat sebagai cairan elektrolitnya.

– Aki kering : aki jenis ini walau dinamai aki kering, tetapi tetap saja terdapat cairan pada dalam aki tersebut, tetapi aki ini mengandung timah kalsium.

– Aki kalsium : aki ini memiliki tingkat penguapan yang lebih rendah dari yang lainya

– Aki hybrid : memiliki penguapan yang lebih kecil, dan biaya perawatan lebih rendah

– Aki gel : aki ini lebih canggih dibandingkan dengan jenis aki lainya, cairan dalamnya berbentuk gel yang tidak menimbulkan korosi bila tumpah. [/toggle]

[toggle title=”Rekomendasi merk aki apa yang memiliki kualitas bagus ?” state=”open”]

Sudah banyak tersedia merk aki motor sekarang ini, tetapi tidak semuanya memiliki kualitas yang bagus. Berikut ini merk aki motor dengan kualitas bagus dan telah banyak digunakan, yaitu :

– Federal

– GS Astra

– Motobatt

– Bosch

– Aspira

– Yuasa

-Daytona

– NS Battery [/toggle]

[toggle title=”Berapa lama umur aki kering yang dapat digunakan pada motor ?” state=”open”]Biasanya, rata-rata aki kering dapat digunakan selama 24 bulan. Namun banyak khasus menyebabkan kualitas aki menjadi menurun, seperti sekarang ini pada sepeda motor moder, lampu menyala selama mesin dihidupkan, sehingga penggunaan sepeda motor menjadi pengaruh juga terhadap umur aki, tidak hanya aki kering saja tetapi semua jenis aki.[/toggle]

Setelah melihat ulasan diatas, pastikan anda memilih jenis aki yang tepat untuk kendaraan anda. Pilihlah aki dengan merk yang ternama dan sebanding dengan kualitasnya, agar aki yang anda miliki awet saat digunakan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *