Puasa Membuat Ngantuk Saat Mengemudi? Ini Dia Tips Supaya Fokus Mengemudi Saat Berpuasa

Pada masa pendemi Covid-19 saat ini, meskipun pemerintah telah mengeluarkan peraturan tentang PSBB, masih banyak pengemudi yang tetap harus beraktivitas di jalan, baik untuk menghantar kebutuhan logistik, penumpang, ataupun lainnya ke berbagai wilayah di Indonesia.

Selain dengan kondisi mereka yang terpaksa menjalani pekerjaan tersebut, mereka juga harus menjalani ibadah puasa disaat bulan Ramadan ini.

Namun, meskipun mereka tetap bekerja saat ibadah puasa, kondisi tubuh tetap harus dijaga dan dirawat dengan baik. Akan sangat berbahaya apabila sang pengemudi mengalami kelelahan, hal itu tentu akan berakibat fatal, bisa saja kecelakaan terjadi.

Untuk itu pengemudi harus tetap waspada, serta mengetahui bagaimana cara yang dapat mereka lakukan supaya tetap mengemudi dalam kondisi yang prima.

Berikut tips yang dapat dilakukan:

  1. Tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan

Tidak sedikit pengemudi yang memiliki jam kerja sangat padat, bahkan mereka hampir tidak memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Padahal bagi pengemudi, istirahat yang cukup dapat membantu kelancaran  dalam pekerjaan mereka. Waktu yang dianjurkan supaya cukup untuk tidur adalah selama 7 sampai 8 jam dalam sehari, maka pastikan bila akan mengemudi telah beristirahat dengan cukup.

  1. Bila tidak bisa menahan kantuk, sebaiknya dianjurkan untuk menepi

Hal ini memang kerap terjadi pada pengemudi, namun juga tidak boleh untuk dipaksakan. Sebaiknya segerakan untuk manepi di pinggir jalan untuk melepaskan kantuk kira-kira 5 sampai 10 menit. Setelah dirasa cukup barulah untuk melanjutkan perjalanan.

  1. Kurangi minuman berkafein dan sebaiknya memperbanyak minum air putih terutama saat sahur dan berbuka

Memang benar bahwa kafein akan memberikan kondisi prima sesaat, karena dapat membuat jantung bekerja lebih kencang dan peredaran darah semakin lancar. Namun efek dari kafein tersebut tidak akan bertahan lama, jika sudah habis maka tubuh akan merasa letih, konsentrasi berkurang, dan dapat menyebabkan dehidrasi.

  1. Mengatur posisi yang nyaman

Posisi duduk yang terlalu nyaman, malah akan membuat pengemudi merasa ngantuk. Maka aturlah posisi supaya pengemudi dapat tetap terjaga dengan posisi yang juga tidak kalah nyaman.

  1. Melakukan aktivitas lain supaya mata tetap terjaga

Melakukan aktivitas seperti mendengarkan musik atau mengobrol dengan teman, dapat menghilangkan rasa kantuk yang melanda. Namun ada baiknya dalam mendengarkan musik untuk memilih musik yang bernada cepat, supaya dapat membangkitkan semangat.

  1. Berhenti untuk mandi atau mendinginkan kepada

Saat kantuk melanda, ada baiknya untuk menepi dan mampir ke toilet guna menghilangkan  kantuk dengan mandi atau pun sekedar mencuci muka, hal ini dilakukan supaya ngantuk bisa hilang.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghilangkan ngantuk supaya tetap aman dalam berkendara.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *