Libas Berbagai Medan Jalan dengan Nyaman Menggunakan Shock Motor Andalan

Shock motor atau juga sering disebut shockbreaker merupakan sebuah komponen dalam sepeda motor yang memiliki fungsi untuk melindungi motor dari segala bagian dan komponen yang berada di atasnya. Fungsi yang paling nyata adalah sebagai peredam hentakan atau getaran yang terjadi pada saat sepeda motor digunakan. Keawetan dari shockbreaker selain dari kualitas produknya juga dapat dipengaruhi oleh pengendaranya, seberapa sering shock itu mengalami benturan.

shock motor memanglah menjadi komponen yang sangat penting dalam sepeda motor kita. Tanpa adanya shock motor membuat kita tidak nyaman saat di perjalanan menggunakan sepeda motor. Shock motor memerlukan perawatan yang tepat agar tidak cepat atau terhindar dari kerusakan, salah satu hal yang harus kita perhatikan adalah kapasitas beban yang dapat ditahan oleh shock tersebut. Usahakan pada saat kita mengendarai sepeda motor, total beban pengendara atau barang bawaan jangan melebihi kapasitas itu. Selain itu, mengalami benturan secara terus menerus dapat membuat shock anda semakin cepat rusak.

[toggle title=”Ada berapa jenis shock motor yang baik digunakan?” state=”open”]

Shock motor terdiri dari 4 jenis, yaitu :

– Fluid Shocbreaker : shock motor jenis ini memanfaatkan aliran jenis fluida untuk meminimalisir efek guncangan pada per.

– Hybrid Shockbreaker : memiliki aliran berjenis fluida yang dicampur dengan nitrogen, nitrogen memang dikenal memiliki kondisi stabil walau dalam kondisi tertekan.

– Air Suspension : biasanya banyak digunakan pada bus dan kendaraan besar lainya, karena dinilai lebih efektif dari pada menggunakan pegas baja.

– Double Action Shock : sama seperti Hybrid Shockbreaker yang menggunakan fluida dan nitrogen, tetapi shock ini sudah mengguanakn nigtrogen di dalam bladder yang bila ditekan efeknya mirip seperti Air Suspension. [/toggle]

[toggle title=”Apa rekomendasi merk shock motor yang memiliki kualitas baik?” state=”open”]

Berikut ini adalah rekomendasi merk shock motor yang memiliki kualitas terbaik :

– Ohlins

– YSS

– Kayaba

– Showa

– Ride It

Merk shock motor diatas merupakan contoh merk yang memiliki kualitas terbaik, memiliki banyak tipe yang dapat disesuaikan dengan tipe kendaraan anda. [/toggle]

[toggle title=”Apa ciri – ciri shock motor kita rusak?” state=”open”]

– Oli shock mulai keluar atau bocor

– Ban belakang motor goyang

– Terdengar suara hentakan dari suspensi

– Kekuatan pantulan yang tidak normal

– Shock terasa keras tidak nge-per Bila motor anda mengalami hal

– hal diatas, lekas perbaiki shock motor anda atau menggantinya dengan yang baru. [/toggle]

[toggle title=”Bagaimana cara memperbaiki shock motor yang rusak?” state=”open”]

Shock motor yang rusak sebenarnya dapat kita perbaiki sendiri, berikut ini cara memperbaiki shock motor anda :

– Lepaskan roda motor anda

– Menguras oli pada shock

– Melepas tabung shock

– Periksalah Rebound Spring dan Damper Rod pada shock

– Periksa seal shock

– Pemasangan seal oli

– Pengisian oli

– Pemasangan per

– Penutupan shock

– Pasang kembali Bila salah satu komponen diatas mengalami kerusakan, maka ganti komponen tersebut dengan yang baru. [/toggle]

Pastikan shock anda masih berfungsi dengan baik agar kenyamanan anda dalam berkendara tetap terjaga. Rawat shock motor dengan rutin agar shock tetap terjaga dengan baik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *