Diet? Bingung Mau Hindari Nasi? Berikut Beberapa Makanan Terbaik Pengganti Nasi

Bagi kalian yang sedang diet, pasti terlintas dong untuk mengurangi konsumsi nasi putih? Nasi putih merupakan termasuk dalam karbohidrat complex. Hal ini tidak terlalu baik bagi kalian yang benar-benar ingin diet, pasalnya kalian membutuhkan karbohidrat simplex untuk tubuh. Berikut ini beberapa di antaranya yang direkomendasikan oleh Healthline sebagai pengganti nasi putih:

  1. Kembang Kol

Sudah pernah mencoba nasi dari kembang kol? Rasanya tak kalah dari nasi putih. Selain itu, kembang kol juga lebih kaya serat dan nutrisi. Selain itu, ternyata kembang kol ini juga kaya akan antioksidan.

  1. Quinoa

Nutrisi ini berguna untuk melindungi diri dari peradangan dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, quinoa merupakan sumber karbohidrat ini kaya serat, bebas gluten, mengandung 9 jenis asam amino, dan dilengkapi 3 senyawa antikanker.

  1. Nasi Merah

Beras merah adalah alternatif yang jauh lebih sehat daripada beras putih. Mungkin Anda sudah sering mendengar premis ini. Ternyata, beras merah juga mengandung banyak antioksidan dan antosianin yang baik untuk kesehatan.

  1. Brokoli

Seperti kembang kol, brokoli juga bisa dicincang dan diolah seperti nasi. Memang di ketahui adanya kandungan serat yang memang baik sekali untuk mereka yang sedang berdiet. Menyantap brokoli akan membuat perut cepat kenyang. Sayuran ini juga rendah kalori, lho.

  1. Singkong

Jangan remehkan karena harganya yang murah. Namun singkong ini memang berserat tinggi, kaya akan magnesium, baik untuk jantung, dan punya khasiat antikanker. Merupakan salah satu makanan baik pengganti nasi.

  1. Oatmeal

Bentuknya yang tipis bak kertas namun juga merupakan sumber karbohidrat kompleks yang sudah dipercaya bertahun-tahun sebagai pengganti nasi putih. Anda bisa mengolahnya menjadi bubur, overnight oat, atau masakan lainnya.

  1. Sukun

Tak banyak yang tau kalau makanan ini jika di luar negeri lebih dikenal dengan nama breadfruit. Sukun digadang-gadang sebagai sumber energi super di masa depan. Sukun juga salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Konon rasanya seperti artichoke. Sementara sukun yang sudah matang memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan kentang.

  1. Jagung

Jagung merupakan makanan yang terdapat kandungan banyak vitamin, mineral, serta serat yang bisa menyehatkan tubuh. Kandungan jagung yang berupa Vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang terkandung dalam jantung bisa membantu menyehatkan jantung.

  1. Kentang

Kentang juga memiliki zat tepung dan karbohidrat yang menjadikannya ideal sebagai pengganti nasi. Kentang bisa diolah menjadi salad, perkedel, skotel, kentang goreng atau masakan lainnya.

  1. Talas

Umbi talas mengandung serat tinggi yang membuatnya baik untuk diet. Selain itu ada kandungan mangan, kalium, kalsium, tembaga, fosfor, magnesium, talas juga mengandung jumlah antidioksidan yang baik, serta vitamin C, B dan E.

Nah, beberapa pilihan diatas adalah contoh makanan pengganti nasi yang sangat bergizi bagi kalian. Selamat mencoba ya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *