20 Ide Kegiatan Positif dan Permainan di Rumah saat Liburan Sekolah

Di rumah saja saat liburan yang cukup panjang bisa membosankan. Namun jika kita bisa merencanakan beberapa kegiatan seru di rumah tentu akan menjadi kenangan yang berkesan untuk anak-anak. ย Berikut ini duapuluh ide kegiatan saat liburan yang mungkin bisa ditiru:

  1. Berolahraga pagi bersama sepanjang liburan. Buatlah jadwal bangun pagi yang tetap sama seperti saat hari sekolah, namun kali ini lakukan olahraga bersama seperti senam pagi, bulutangkis, atau berenang. Lakukan bersama seluruh anggota keluarga biar seru ya.
  2. Membuat foto Keluarga bertema unik. Hampir semua orang saat ini memiliki kamera di ponsel, nah tidak ada salahnya saat anak-anak memiliki waktu libur, mintalah mereka memikirkan ide untuk membuat foto keluarga unik. Fotonya bisa diprint dan menjadi kenangan indah liburan mereka.
  3. Bemain Penginapan. Karena tidak kemana-mana anak-anak mungkin merindukan suasana menginap saat liburan. cobalah untuk menata kamar agara rapi seperti dihotel, lalu pasanglah nomor di pintu kamar. Nah sekarang anak-anak akan merasa sedang liburan ke luar kota ๐Ÿ™‚
  4. Bermain Menjelajah lingkungan sekitar. Terkadang di dekat rumah kita ada daerah daerah tersembunyi yang tidak kita ketahui. Saat liburan di rumah saja, tidak terlalu menghabiskan waktu jika kita pergi berjalan jalan kaki ke tempat-tempat di sekitar rumah kita, siapa tahu ada tempat menarik yang kita temukan.
  5. Mengganti dekorasi rumah. Saat ini mudah sekali mencari inspirasi dekorasi rumah dari social media, pilihlah salah satu contoh yang diinginkan dan jadikan proyek bersama untuk mengisi liburan.
  6. Membuat akuarium mini. Jika belum punya akuarium di rumah, cobalah untuk membuat akuarium mini dari toples kaca bekas. Mintalah pedagang ikan hias memilihkan ikan kecil yang berdaya hidup tinggi untuk permulaan.
  7. Berkunjung ke rumah kerabat. Jika ada kerabat satu kota, saat liburan sekolah adalah waktu yang tepat untuk berkunjung dan menginap. Ajaklah anak anak merencanakan kunjungan dan mempersiapkan buah tangan. Sambil berkunjung jangan lupa ajarkan anak anak etika ketika bertamu.
  8. Berkunjung ke perpustakaan. Ajaklah anak berkunjung ke perpustakaan untuk menambah pengetahuannya, manfaat banyak membaca tentu tak perlu dipertanyakan.
  9. Membuat cookies. Salah satu kue yang bisa dibuat bersama sambil bermain tentu adalah cookies. Anak anak bisa membantu dari persiapan awal bahan hingga mencetak kuenya. Buatlah berbagai bentuk sepert rumah, boneka, biinatang, planet, bunga dan lain sebagainya sehingga anak-anak bergembira
  10. Memperbaiki mainan rusak. Gunakan waktu liburan untuk mangajak anak anak membantu memperbaiki mainan yang rusak ringan dan masih bisa diperbaiki. Tentu menyenangkan jika mereka masih menyukai mainan lamanya dan melihatnya kembali berfungsi.
  11. Berdonasi barang layak pakai. Mintalah anak-anak memilah barang-barangnya sendiri yang masih layak pakai untuk disumbangkan seperti baju dan sepatu yang kekecilan, buku-buku yang sudah selesai dibaca, atau mainan yang sudah tidak dipergunakan. Hal ini mungkin kurang menyenangkan untuk anak anda, tapi apa salahnya mereka mengorbankan satu hari liburan membantu anda merapikan ruangan ๐Ÿ˜€
  12. Memilah Sampah. Mengajari memilah sampah mungkin sudah dilakukan oleh sekolah, nah sekarang satnya mempraktekan di rumah. Jangan lupa, kirimkan sampah yang sudah terpilah ke bank sampah atau tampat daur ulang ya.
  13. Bermain restoran. Buatlah daftar menu yang bisa dipesan dan harganya. Anak-anak bisa berperan sebagai kasir atau pramusaji sedangkan anda tamunya. Siapkan menu yang disukai anak-anak, jika terlalu sibuk untuk memasak, makanan pesan antar bisa jadi solusi.
  14. Mengamati bintang. Luangkan waktu sejenak berkendara pada malam hari bersama keluarga untuk menikmati bintang di langit malam. meskipun kebanyakan kota besar tinggi polusi cahayanya, namun jika berusaha sedikit untuk berkendara menjauh dari kota, anda akan mendapat suguhan pemandangan langit penuh bintang saat cuaca cerah. Jangan lupa memperhatikan prakiraan cuaca setempat ya.
  15. Berkemah. Jika masih ada sedikit waktu di akhir pekan, ayo pergi berkemahB berikan anak pengalaman menikmati malam yang ceria di depan api unggun, jangan lupa siapkan baju hangat, camilan dan minuman penghangat badan untuk melawan dinginnya malam.
  16. Memungut sampah di lingkungan sekitar. Ajarkan anak kepedulian pada kebersihan dengan memungut sampah yang tidak pada tempatnya di lingkungan sekitar. Tak perlu malu, anda adalah contoh teladan bagi anak anda.
  17. Bermain mengenali nama-nama tanaman di lingkungan. Beruntungnya kita tinggal di Indonesia yang memiliki tingkat keragaman hayati tinggi. Halaman rumput ilalang bisa memiliki banyak ragam species tanaman yang menarik. Ayo kita ajak anak-anak mengenal nama-nama, caranya bisa dengan memakai pengenalan gambar pada ponsel pintar kita.
  18. Mendaur ulang barang bekas. Ajak anak mendaur ulang barang bekas di rumah menjadi barang yang bermanfaat yuk. Banyak tutorial online yang bisa ditemukan dengan mudah untuk mendaur ulang barang bekas. Yang mudah misalnya membuat sarung bantal dari baju bekas, membuat keset kaki dari handuk bekas, membuat keranjang pakaian dari tas kresek bekas, dan lain sebagainya.
  19. Menciptakan resep masakan. Meskipun sudah banyak resep masakan hingga tak terhitung jumlahnya, membuat resep masakan dan menamainya sendiri adalah hal yang asyik dilakukan bersama sama lho. misalnya gabungkan dua makanan yang paling disukai anak anak menjadi satu resep baru : French Fries Pizza toping Rendang.. Terdengar seru bukan? ๐Ÿ™‚
  20. Bermain Mencari Harta Karun. Siapkan kotak kardus yang diisi dengan mainan atau snack, lalu sembunyikan. Kemudian buatlah peta harta karunnya, dan siapkan petunjuk-petunjuk yang menarik. Permainan ini bisa diulang beberap kali tnpa anak merasa bosan. Jangan lupa berdandan mata satu ala bajak laut ya biar tambah seru.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *